Cengengesan Banalisme

Gombalan sepatu hitam

Seorang rekan sempat protes dengan warna sepatu yang saya kenakan. Sepatu dengan bentuk kebanyakan, hitam warnanya.

Saya tak tahu menahu adakah yang salah mengenakan sepatu berwarna hitam. Ia yang protes dan dengan anggukan kepala  rekan yang lain, sepakat bahwa sepatu hitam yang saya kenakan sebelas dua belas dengan yang digunakan oleh siswa Sekolah Menengah  Atas (SMA).

Saya menimbang-nimbang adakah yang kurang pantas jika saya yang sedang belajar di perguruan tinggi ini menggunakan sepatu warna hitam. Dan mengapa sepatu hitam diidentikkan dengan sepatu SMA?

Mari diurutkan:

  • Sewaktu SD beberapa belas tahun silam. Saya menggunakan sepatu warna hitam, lebih tepatnya dipaksa dengan peraturan penyeragaman warna sepatu harus hitam.
  • Naik ke SLTP, masih juga saya harus turut mengaktifkan diri dengan kebijakan penyeragaman warna sepatu, hitam.
  • Lanjut ke SMA, lebih ironis karena aturan lebih ketat. Model dan warna sepatu harus sama yang digunakan oleh seluruh siswa. Jika tidak, sepatu akan diamankan oleh pihak berwajib. Pernah melihat film silat Wong Fei Hung? Ya, perhatikan sepatunya. Seperti itulah model sepatu yang diwajibkan. Berwarna hitam pula, kurang apa coba. Jadilah sekolah ini dijuliki dengan sekolah silat.

Lantas berdasarkan urutan jenjang pendidikan dan aturan penggunaan sepatu yang mengikat di dalamnya, saya pun membela diri,

“Saya adalah pria yang setia. Warna sepatu yang saya gunakan sekarang adalah bentuk kesetiaan dengan warna sepatu yang saya gunakan sebelum-belumnya…”

About upik

Bujang Melayu.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

