Cengengesan Banalisme

Celah misteri

Hidup ini tidak sederhana. Rumit. Banyak pertanyaan di dunia ini yang kita ragu ada jawabannya. Kadang terjawab namun pada saat tertentu jawaban itu menjadi mentah, validitasnya meragukan. Tapi saya harus katakan saya punya jawaban prihal nama fenomenal yang melekat pada seseorang.

Singodimejo. Lembu. Baki. Ular Tangga. Asu. Jamban.

Di atas adalah nama-nama yang unik. Apa pasal prihal proses tercipta nama-nama ini? Kebudayaan ini mungkin sudah luntur, tetapi masih ada ketika saya berbincang-bincang dengan teman yang baru pulang dari tugas mengajar: budaya menamakan bayi pada apa yang dilihat ibu pertama kali ketika ia melahirkan. Semua jadi logis sekarang.

Ibu yang baru melahirkan mungkin berhalusinasi melihat singa di meja, padalah yang ia lihat mungkin adalah kucing. Tersematlah Singodimejo pada bayi yang namanya sering kita baca waktu SD, SMP, SMA di buku sejarah kemerdekaan RI.

Ibu yang baru melahirkan mungkin lapar maka ia membayangkan semua yang ada di depannya adalah rendang lembu yang enak untuk disantap. Maka bayinya dinamakan Lembu yang disebut-sebut Ahmad Wahib dalah catatan hariannya yang dibuat jadi buku yang provokatif, Catatan Pergolakan Islam. Ada pertanyaan penting, mengapa si ibu membayangkan rendang lembu padahal rendang kambing lebih enak? Entahlah.

Dan seterusnya, dan seterusnya.

Saya harus bersyukur kebudayaan ini sudah luntur di kampung saya sebab pada saat masa-masa kehamilan, ibu saya berteriak-teriak ketakutan karena beliau melihat jin sebesar gajah memakai cawat  yang datang ke arahnya, tertawa-tawa memamerkan cawatnya yang melambai-lambai. Bisa saya bayangkan jika kebudayaan ini masih eksis di kampung saya, ada kemungkinan besar nama saya sekarang adalah SEMPAK BESAR.

Hidup memang penuh misteri.

About upik

Bujang Melayu.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: